https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF P-DHATO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA | Setiawan | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF P-DHATO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Dwi Rahmadani Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan ketuntasan klasikal siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif P-Dhato pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan pema­haman konsep matematika siswa di kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo. Siklus I persentase pemahaman konsep matematika sebesar 66,875% dalam kategori cukup dan siklus II persentase pemahaman konsep matematika sebesar 78,4375% dalam kategori tinggi. Ketuntasan klasikal sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif P-Dhato hanya 22%, pada siklus I meningkat menjadi 46,875% dan 78,125% pada siklus II.

Kata kunci: P-Dhato, pemahaman konsep matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.